Tidak Pernah Spooring Mobil? ini Resikonya

Yang harus anda lakukan sebelum emlakukan spooring adalah. Kaki – kaki harus dalam keadaan bagus,karena komponen utama yang di stel di dalam spooring mobil itu kaki2 seperti tierod longtierod arm dll,jiks kski2 bermasalah yg pastinya spooring tidak akan maksimal . Suspensi juga harus dalam keadaan normal tidak bocor, karena jika suspensi jelek maka setelah proses spooring mobil tidak akan merasakan efek yg maksimal dalam spooring dan akibatnya mobil akan terasa limbung atau ngleang akibat suspensi bocor. Secara garis besar spooring adalah proses untuk menyeimbangkan atau menyelaraskan roda2 mobil yang berlawanan, misalkan roda depan kana dan kiri harus seimbang dan selaras, juga untuk roda belakang knan dan kiri harus selaras. Sebagian orang berpendapat bahwa melakukan spooring itu hanya pad abagian depan sajah, pendapat ini tidak salah tetapi alangkah baiknya ke empat roda juga harus mendapatkan perlakuan yang sama pula yaitu harus di spooring,akan tetapi tidak semua mobil mempunyai stelan spooring depan belakang hanya mobil2 tertentu, Secara garis besar bahwa spooring itu untuk meluruskan setir dan meluruskan mobil.

Kondisi mobil masih standar dengan suspensi standar dan kaki2 pun standar,beberapa orang memodif kendaraan terutama mobil dengan gaya yang ceper atau yang di sebut dengna low car,sbnrnya bisa untuk melakukan spooring tetapi efek yang di timbulkan spooring tidak maksimal di karnakan suspensi dan kaki2 yang sudah di rubah. Ban tidak aus atau sesuai standar,atau pun tahun nya tidak terlalu lama,karena ban yang sudah lama tahunnya itu akan mempengaruhi proses spooring jadi tidak maksimal, biasanya yang di timbulkan ketika spooring mobil tetapi kondisi ban aus atau sudah tua yaitu mobil selalu berbelok kearah tertentu dengan sendirinya tapi kondisi jalan yang lurus.

Resiko yang di timbulkan ketikan mobil tidak pernah di spooring atau jarang di spooring mobil. Kondisi setir yg pastinya akan miring. Kondisi mobil saat di kendarai di jalan yang lurus selalu berbelok ke arah tertentu dengan sendirinya. Setir terasa berat. Kondisi ban habis sebelah terutama bagian depan. Kaki-kaki atau suspensi cepet aus. Mobil terasa ngleang pada saat kecepatan tinggi. Sedangkan servis berkala untuk spooring lebih di sarankan setiap 8000-10000 km, di karnakan medan jalan yang terkadang kurang bagus atau jalan berlubang. Pada sebuah kendaraan baik yg lama maupun baru, keselarasan roda harus selalu diperhatikan karena dapat menyebabkan keausan komponen kaki-kaki mobil seperti tie rod,long tie rod dan ball joint yang bisa menyebabkan terjadinya bergesernya pada sudut kelurusan roda. Agar kestabilan mobil tetap terjaga lakukanlah spooring dan balancing secara berkala.

Spooring sendiri suatu pekerjaan penyetelan sudut sudut geometri sebuah mobil yang berfungsi untuk mengembalikan geometri roda depan suatu kendaraan( yaitu sudut-sudut camber caster dan toe) ke dalam spesifikasi awal dari produsen pembuat mobil(bila ada yang bisa di setel), dan juga  mengembalikan geometri roda belakang kendaraan (yaitu sudut-sudut camber dan toe) ke dalam spesefikasi awal dari pabrik pembuat mobil tsb(bila ada yang bisa disetel).dan harus dilakukan secara berkala untuk spooring mobil biasanya dalam interval tiap 10.000km. mobil menjadi stabil dan nyaman dalam berkendara. Mencegah keausan ban yang tidak merata. Menghemat bahan bakar. Menghemat pemakaian ban. Mencegah kerusakan Рkerusakan antar sambungan kemudi sehingga memperpanjang waktu pemakaian.

About

View all posts by

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *