Sinopsis Film Asoka (2001)

Film Bollywood tentang bagian pertama kehidupan Kaisar Asoka. Kisah ini dimulai dengan karirnya sebagai seorang jenderal di Taxila (Pakistan modern) dan berakhir dengan penaklukan berdarah atas negara Kalinga (negeri modern Odisha). Menurut filmcinema21.net film India tentang sejarah ditayangkan perdana pada tanggal 26 Oktober 2001. Disutradarai oleh Santosh Sivan dan juga dikenal sebagai “Ashoka the Great”. Bahkan ada versi drama yang cukup terkenal dan telah disiarkan di ANTV dengan drama berjudul Ashoka Samrat. Dibintangi oleh aktor terkenal Shahrukh Khan yang juga pemain dalam film India terkenal Chennai Express. Dia memainkan peran utama Asoka. Adapun peran wanita aktor cantik dan terkenal Kareena Kapoor.

Kaisar Chandragupta Maurya, yang diperankan oleh Umesh Mehra, adalah kakek Asoka, dari kerajaan Maurya, telah memutuskan untuk mendekati Jainisme dan meninggalkan tahta kekaisaran demi putranya Bindusara yang direbut oleh Gerson Da Cunha. Tapi cucunya, Pangeran Asoka, mengambil pedangnya. Kaisar tua menjelaskan bahwa pedang ini buruk dan membutuhkan darah dan kehancuran. Beberapa tahun kemudian, Pangeran Asoka Maurya (Shah Rukh Khan), yang sekarang adalah seorang pemuda pemberani, bertarung melawan pemimpin Taxila kaisar dan ayahnya yang pemberontak. Dia memperkirakan bahwa saudara tirinya, Susima Maurya (Ajith Kumar), yang juga mengawasi takhta kekaisaran, dengan sengaja menahan bala bantuan yang akan datang, tetapi masih mengalahkan musuh.

Asoka kembali ke ibukota yang menang dan menghadapi Susima. Kemudian Susima mencoba membunuh Asoka ketika dia sedang mandi. Pertempuran antara para pangeran membuat kaisar sengsara dan dia memerintahkan Permaisuri Dharma (Subhashini Ali) untuk memerintah putranya Asoka. Dia memaksa Asoka meninggalkan ibukota untuk sementara waktu untuk menjalani kehidupan manusia biasa. Sang pangeran kecewa tetapi pergi. Ashoka pergi ke selatan sendirian dan menyamar sebagai seorang musafir biasa. Sepanjang jalan ia bertemu dengan seorang gadis cantik, Kaurwaki (Kareena Kapoor) dan jatuh cinta padanya.

Dia juga mengembangkan hubungan yang baik dengan saudara perempuannya Arya. Mereka melarikan diri dari kerajaan Kalinga dengan pelindung setia mereka Bheema (Rahul Dev) dan dikejar oleh tentara kerajaan. Setelah menyelamatkan hidup mereka, Asoka memperkenalkan dirinya sebagai Pawan dan menyembunyikan identitas aslinya. Kaurwaki dan Arya adalah putri dan pangeran Kalinga, yang melarikan diri dari kerajaan mereka ketika perdana menteri membunuh orang tua mereka dan merebut kekuasaan. Kemudian, Asoka dan Kaurwaki menikah secara rahasia.

Segera Asoka dipanggil oleh ibunya, yang mengirim utusan untuk memberi tahu dia bahwa dia jatuh sakit dan datang ke ibukota. Kaisar mengirim Asoka untuk menghentikan pemberontakan Ujjaini. Sebelum bergerak ke barat, Asoka melakukan perjalanan ke Kalinga untuk bertemu Kaurwaki dan Arya. Dia tidak dapat menemukan mereka dan tanpa mengetahui bahwa mereka bersembunyi, Jenderal Bheema diberitahu bahwa mereka dibantai. Asoka yang patah hati mencoba bunuh diri, tetapi diselamatkan oleh Virat (Danny Denzongpa), yang kemudian berjanji untuk melindunginya.

Kemarahan dengan kesedihan dan kemarahan membuat Asoka mengalami kecelakaan brutal pada Ujjaini. Pembunuh yang dikirim oleh Susima melukai Asoka dalam pertempuran dan Virat menyelamatkannya. Dia dibawa ke sebuah biara Buddha di Vidisa untuk pulih. Di sana ia bertemu dengan seorang gadis Buddhis, Devi (Hrishita Bhatt) yang merawatnya. Asoka juga selamat dari serangan baru pada Vidisa, kali ini dengan bantuan Devi. Asoka menikahi Devi dan kembali dengan kemegahan ke Pataliputra. Susima dan saudara-saudaranya sangat marah tentang upaya sia-sia mereka untuk menghilangkan Asoka. Kaisar Bindusara, yang memilih Susima daripada Asoka, jatuh sakit dan mati. Dalam serangan sipil lainnya, Ratu Dharma ditikam hingga mati oleh seorang pembunuh kamp yang dikirim oleh Susima …

About

View all posts by

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *