Sebab Skor Kredit Penting dan Cara Meningkatkannya

Skor kredit adalah statistik yang menilai kelayakan kredit peminjam dan didasarkan pada riwayat pembayaran. Pemberi pinjaman menggunakan skor kredit untuk menilai peluang seseorang untuk membayar kembali pinjaman. Semakin tinggi skor kredit Anda, semakin banyak kualifikasi kredit yang harus Anda berikan. Hal tersebut dapat dikonfirmasi melalui situs Sistem Informasi Keuangan (SLIK) Otoritas Jasa Keuangan atau langsung di kantor.

Skor kredit memainkan peran penting bagi pemberi pinjaman dalam mengambil keputusan. Peminjam dengan skor kredit rendah akan dikenakan suku bunga yang lebih tinggi untuk mengimbangi tingkat risiko gagal bayar. Di sisi lain, peminjam dengan nilai kredit tinggi akan dikenakan suku bunga yang lebih rendah hingga memperoleh keuntungan. Pemberi pinjaman juga akan memantau skor kredit Anda secara berkala untuk menentukan perubahan suku bunga.

Ada berbagai perbedaan informasi yang mempengaruhi nilai kredit Anda. Namun, berikut lima faktor kunci dalam menghitung skor kredit yang umum digunakan:

Riwayat Pembayaran: Biasanya 35% dari nilai kredit dan menunjukkan apakah ada yang perlu membayar.
Penggunaan Kredit: Biasanya 30% dari skor kredit Anda dan menunjukkan berapa persentase kredit yang digunakan dari saldo batas kredit Anda yang ada.
Periode sejarah kredit: biasanya 15% dari nilai kredit. Riwayat kredit yang lebih panjang menunjukkan risiko yang lebih rendah karena lebih banyak data riwayat pembayaran.
Jenis kredit yang digunakan: Biasanya 10% dari skor kredit dan menunjukkan berapa jenis kredit yang digunakan, seperti cicilan rumah, cicilan mobil atau pembayaran kartu kredit.
Jumlah kredit baru: Biasanya 10% dari skor kredit Anda juga menunjukkan jumlah akun kredit baru yang Anda miliki dan berapa banyak akun kredit yang diminta.

Jangan khawatir jika pinjaman Anda ditolak karena nilai kredit yang rendah. Nilai kredit dapat berubah dan meningkat berdasarkan informasi terkini berdasarkan laporan kredit peminjam. Berikut beberapa hal yang dapat Anda lakukan untuk meningkatkan skor kredit Anda:

Lakukan pelunasan.
Ajukan dan gunakan kartu kredit.
Bayarlah tagihanmu tepat waktu.
Dapatkan cicilan yang sehat.

Jika nilai kredit Anda rendah, lakukan pembayaran penuh terlebih dahulu. Setelah itu, untuk memperlancar prosesnya, laporkan bukti pembayaran utang tersebut ke kantor OJK terdekat.

Nilai kredit juga rendah bila Anda tidak memiliki riwayat kredit. Karena itu, ajukan kartu kredit di bank. Jadi gunakan dengan bijak untuk membangun reputasi kredit yang baik. Bahkan, skor kredit Anda juga bisa meningkat seiring dengan bertambahnya batas kredit atau saldo kartu kredit Anda, akibat peningkatan penggunaan kredit.

Membayar cicilan tepat waktu membutuhkan waktu enam bulan atau lebih untuk melihat perubahan signifikan pada skor kredit Anda. Idealnya, jumlah cicilan maksimal 30% dari pendapatan bulanan. Jika rasio ini lebih tinggi, maka Bank akan menganggapnya berisiko sehingga menurunkan skor kredit.

Ternyata nilai kredit mempengaruhi keputusan untuk mengambil pinjaman. Hal yang paling menentukan dalam sebuah skor kredit adalah ketersediaan data riwayat kredit dan disiplin dalam membayar cicilan. Cek juga skor kredit Anda secara berkala agar ada kemungkinan pengajuan pinjaman Anda ditolak.

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *