Mengenal Jenis dan Fungsi Magnet yang Perlu Anda Ketahui

Pada kesempatan kali ini rumusrumus.com akan menjelaskan mengenai jenis dan fungsi magnet yang perlu anda pahami. Apabila anda belum begitu paham mengenai jenis-jenis magnet dan fungsinya, maka alangkah baiknya anda menyimak beberapa penjelasan ini. Agar anda bisa lebih paham mengenai berbagai jenis magnet dan fungsinya masing-masing.

Setiap orang pastinya sudah pernah melihat dan mendengar yang namanya magnet. Mengingat magnet ini selalu ada pada setiap komponen elektro saat ini. Namun tidak semua orang tahu apa itu jenis-jenis magnet dan fungsinya. Untuk itu tidak perlu berlama-lama lagi, silahkan simak penjabaran ini dengan seksama.

Magnet merupakan sebuah benda yang memiliki kemampuan dalam menarik benda di sekitarnya. Magnet ini terbuat dari bahan campuran baja, besi dan logam. Pada sejarah awalnya magnet ini digunakan oleh orang China untuk komponen kompas untuk di laut dan di darat. Seiring perkembangan zaman, magnet ini sering dimanfaatkan sebagai salah satu komponen elektronik seperti telepon, listrik dan masih banyak lagi lainnya.

Berikut ini akan dijelaskan fungsi dari Magnet untuk kehidupan sehari-hari

  1. Magnet di campurkan pada pembuatan gunting yang berfungsi untuk mengambil jarum jahit
  2. Dipasang pada bel listrik yang berguna untuk menggerakkan pemukul lonceng agar menghasilkan bunyi
  3. Magnet ini juga ada pada papan permainan catur yang berfungsi agar komponen catur tidak mudah terguling
  4. Magnet juga ada pada komponen pembuatan kompas yang berfungsi untuk menunjukkan arah utara dan selatan
  5. Magnet juga terdapat pada generator dan dinamo sepeda agar menghasilkan tenaga listrik

Mengenal jenis-jenis magnet yang perlu anda ketahui. Pada dasarnya magnet ini dibagi menjadi 2 yaitu magnet alam dan magnet buatan. Magnet alam merupakan salah satu jenis magnet yang sifatnya alami. Hal ini tidak adanya campur tangan dari manusia. Magnet alami ini contohnya seperti gunung Ida yang ada di Magnesia sehingga bisa menarik benda yang ada disekelilingnya.

Kemudian ada lagi magnet buatan yang dihasilkan oleh campur tangan manusia. Bahan yang digunakan pun mulai dari baja dan besi. Magnet buatan ini ada dua yaitu magnet permanen dan magnet remanen yang sifatnya sementara.

Demikianlah penjelasan singkat dari rumusrumus.com tentang jenis –jenis magnet dan berbagai fungsinya dalam kehidupan sehari-hari. Semoga penjelasan ini bermanfaat dan menambah pengetahuan anda tentang magnet.

About

View all posts by

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *