Kelebihan PS4 Pro, Bukan Sekedar Main di Resolusi 4K Saja

Kalau Kamu saat ini sedang mengincar PS4 Pro di tengah booming-nya kehadiran PS5, maka Kamu termasuk gamer yang jeli melihat peluang. Kehadiran konsol game terbaru dari Sony ini secara tidak langsung berdampak pada harga jual unit produk pendahulunya di pasaran, salah satunya seri PS4. Tak heran jika akhirnya banyak konsumen semakin melirik versi Pro yang konon sanggup menawarkan pengalaman gaming yang luar biasa.

Jelas apabila diantara keluarga PS4, maka versi Pro lah yang paling unggul diantara PS4 Fat maupun PS4 Slim. Satu hal yang paling banyak membuat konsumen penasaran dengan PS4 Pro adalah sensasi bermain game dengan grafis resolusi 4K. Dan mungkin fitur ini pulalah yang juga membuat Kamu semakin yakin ingin menebus PS4 varian tertinggi ini.

Untuk bisa menjajal kemampuan grafis yang lebih detail ini, tentu saja Kamu harus menyiapkan monitor atau TV yang sudah beresolusi 4K. Pastikan pula Kamu sudah mengatur output monitor tersebut ke resolusi 4K. Lalu lakukan sedikit pengaturan pada unit PS4 Pro antara lain dengan:  

  1. Buka Settings lalu lihat menu Sound and Screen
  2. Buka Video Output Settings
  3. Pada bagian Resolution, ubah nilainya ke 2160p-YUV420 (monitor jenis lama) atau 2160p-RGB (untuk monitor generasi baru). Apabila Kamu mengaturnya ke Auto, maka konsol akan menyesuaikan ke resolusi terttinggi yang didukung oleh monitor.
  4. Aktifkan Fitur 4K dalam game yang biasanya  ada di bagian Settings and Display.  
  5. Selesai

Selain halnya mampu menjanjikan pengalaman bermain dengan tampilan yang jauh lebih detail, PS4 Pro sendiri masih menjanjikan berbagai kelebihan yang membuatnya semakin worth-it untuk dibeli saat ini. Beberapa kelebihan yang mungkin bisa jadi prtimbangan Kamu diantaranya;

Kapasitas Memori dan RAM

Meskipun sudah ada yang baru, versi Pro dari PS4 ini tetap menjadi salah satu konsol yang memiliki memori dan RAM yang tinggi. Ideal untuk menjanjikan performa terbaik, meskipun mungkin sudah bukan lagi yang terbaik. PS4 Pro menggunakan harddisk 1 TB, GPU yang masih potensial engan nilai 4.2 teraflop dengan dukungan RAM 8 GB.  

Streaming Video di Resolusi 4K

Dengan dukungan output hingga 4K tersebut, tak heran jika PS4 kasta tertinggi ini juga memungkinkan pengguna untuk menikmati video maupun film dari langganan Netflix maupun Youtube di resolusi 4K. Tentu saja, pengalaman streaming di kualitas ini akan sangat memuaskan dengan kejernihan yang bisa ditawarkan.

Dukungan untuk Virtual Reality (VR

Teknologi Virtual Reality bisa dibilang cukup menjanjikan di dunia game yang mungkin bakal jadi tren yang lebih memasyarakat. Versi terbaru dari PS4 Pro pun sudah memiliki dukungan untuk teknologi yang satu ini. Dukungan ini bisa dilihat dari jumlah port USB yang lebih banyak diantara seri PS4 lainnya.

Performa Terbaik untuk Seri PS4

Karena memiliki gelar Pro, wajar jika konsol ini mampu menawarkan performa yang lebih kencang dibanding seri PS4 lain, PS4 FAT dan PS$ Slim. Versi Pro dari PS4 menggunakan prosesor octa core buatan AMD dengan clockspeed hingga 2,1 GHz. Sementara kedua PS4 generasi sebelumnya memiliki kecepatan di 1,6 GHz. Tak hanya kecepatan procie saja, bagian kartu grafis juga turut ditingkatkan dan kini menjadi 911 MHz yagng kemudian memungkinkan PS4 Pro memiliki bandwith hingga 4,2 teraflop.

Memang, jika dibanding dengan kedua versi PS4 lainnya, harga PS4 Pro memang lebih mahal. Namun selisih harga ini tentu masih bisa diterima jika membandingkan beberapa kelebihan yang dimiliki oleh versi Pro. Dengan harga yang ada di kisaran Rp 6 juta sampai Rp 7 jutaan, PS4 varian Pro pun menjadi semakin menarik untuk dipertimbangkan.

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *