Jangan lengah! Kulit muda juga bisa kerutan.  

Penuaan identik dengan masalah kulit seperti munculnya garis halus hingga flek hitam di wajah yang kerap dikaitkan usia diatas 30 tahun. Namun sudah pernahkah anda mendengar Penuaan Dini ? Penuaan Dini adalah timbulnya masalah kulit yang menua namun diusia yang lebih muda atau dibawah 30 tahun. Dan masalah yang sering terjadi adalah keriput.

 

Menurut sumber, usia bukanlah faktor utama dari timbulnya keriput , tetapi juga dipengaruhi faktor lain seperti tingkat stres yang tinggi, paparan sinar matahari, radikal bebas, dan sinar UV. Apabila kulit tidak dirawat dengan baik maka kulit akan menjadi kering dan tampak lebih tua. Kulit yang awalnya mulus dan halus akan menjadi kusam, keriput atau kurang elastis sehingga mempengaruhi penampilan

Ada beragam cara untuk mencegah dan mengatasi gejala penuaan dan kerutan wajah. Seperti berolahraga teratur, mengolah stres dengan baik, dan terasupi makanan sehat dan bernutrisi yang cukup.Namun tak jarang, cara-cara instan seperti mengonsumsi obat, penggunaan skin care, dan menjalani suntik botoks juga menjadi pilihan utama bagi kebanyakan wanita khususnya yang tidak memiliki banyak waktu.

Dr. Listiani menuturkan, “Perlu diperhatikan bahwa bahan-bahan kimia yang terkandung dalam obat maupun skin care juga bisa memberikan efek samping yang bisa berbahaya bagi tubuh. Untuk itu, kaum wanita harus cerdas dalam memilih produk obat atau skin care yang digunakan. Pilihlah produk dengan bahan-bahan natural yang aman bagi kesehatan”

 

Penjelasaan lengkap tentang keriput.

Keriput adalah lipatan, garis, atau kerutan yang muncul pada kulit. Kondisi muncul akibat proses penuaan. Keriput umumnya terdapat pada bagian kulit yang sering terpapar sinar matahari, seperti wajah, leher, lengan, dan tangan.

Penyebab dan Faktor Risiko Keriput

Faktor – faktor munculnya keriput di antaranya:

  • Usia. Seiring usia seseorang bertambah, elastisitas kulitnya akan makin berkurang. Produksi lemak dan kolagen yang menurun membuat kulit kering dan keriput.
  • Paparan sinar matahari dan ultraviolet. Radiasi sinar ultraviolet (UV) dalam jangka panjang, bisa mempercepat proses penuaan kulit. Hal ini karena sinar UV merusak elastin dan kolagen di lapisan dalam kulit (dermis). Kerusakan kedua jaringan ikat tersebut akan menyebabkan kulit kendur dan keriput lebih cepat.
  • Merokok. Kandungan nikotin dapat menyebabkan pembuluh darah di lapisan luar kulit menyempit. Kondisi tersebut membuat aliran darah ke kulit terganggu, sehingga kulit kekurangan oksigen dan nutrisi yang akan mempercepat munculnya keriput.
  • Ekspresi wajah. Kebiasaan dalam mengekspresikan wajah juga dapat menyebabkan keriput. Tiap kali seseorang memasang ekspresi wajah, seperti mengernyitkan dahi atau menyipitkan mata, otot wajah akan membentuk lekukan di bawah permukaan kulit. Sejalan bertambahnya usia, otot wajah akan kehilangan kelenturannya, dan lekukan akan makin terlihat.

Selain yang sudah disebutkan di atas, munculnya keriput juga dapat dikaitkan dengan beberapa faktor, seperti:

  • Keturunan
  • Kekurangan melanin
  • Perubahan hormon
  • Penurunan berat badan.

Setelah mengetahui penjelasan tentang keriput, diharapkan para wanita lebih menjaga asupan dan kebiasaan sehari-hari untuk mendapatkan kulit yang cantik, awet muda serta tubuh yang sehat. Untuk cara mengatasi keriput bisa baca di artikel selanjutnya ya. Semoga bermanfaat.

 

About

View all posts by

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *