Ini Dia Faktor Penting yang Mempengaruhi Pembuatan Aquascape

Ya, meskipun saat ini sudah ada banyak sekali yang menawarkan jasa aquascape, tetapi tetap saja ada beberapa orang yang lebih memilih untuk membuat aquascape sendiri. Tapi tahu nggak sih bahwa untuk membuat aquascape ini ternyata tak semudah seperti saat membuat aquarium biasa?

Meskipun yang terlihat seperti menambahkan air, komponen abiotik, dan biotik saja, akan tetapi ternyata soal pengelolaan dan perawatannya terbilang rumit dan sulit. Tidak heran jika ada banyak orang yang melakukan kesalahan dalam perawatan aquascape. Atas dasar itulah pada kesempatan yang baik kali ini kami akan menginformasikan kepada Anda seputar faktor penting yang ternyata memiliki pengaruh cukup penting dalam pembuatan aquascape. Apa itu?

Ini Dia Faktor Penting yang Mempengaruhi Pembuatan Aquascape

Pencahayaan

Pada dasarnya tidak hanya aquarium saja, ternyata aquascape juga butuh pencahayaan. Pencahayaan ini tidak hanya memperindah tampilan aquascape yang Anda miliki akan tetapi dibutuhkan untuk melakukan proses fotosintesis yang dibutuhkan oleh tanaman air yang ada di dalamnya.

Karbondioksida atau CO2

Ada kaitannya dengan tanaman air dalam aquascape, tentu saja juga butuh kandungan karbondioksida atau CO2 yang larut di dalam air. Sebab, pada saat melakukan proses fotosintesis tanaman air tidak hanya butuh cahaya tetapi juga CO2 dan air. Oh iya, selain itu Anda juga penting untuk memperhatikan agar antara cahaya dengan CO2 selalu terjaga keseimbangannya dengan baik.

Nutrisi dasar

Lalu untuk faktor yang terakhir adalah nutrisi dasar. Meskipun tanaman air yang ada pada aquascape bisa melakukan proses fotosintesis dan hasilkan zat makanan untuk dirinya sendiri, tetapi tidak bisa dipungkiri memang bahwa masih ada beberapa senyawa yang ternyata tidak bisa diproduksi sendiri oleh tanaman air tersebut. Makanya tanaman air ini juga butuh asupan senyawa dari lingkungan. Nah, di sinilah peran penting nutrisi dasar yang akan memenuhi kebutuhan nutrisi tanaman. Dengan begitu tanaman air bisa hidup dengan subur. Nutrisi yang dimaksudkan di sini bisa didapatkan dari pupuk tancap.

Nah, itulah beberapa faktor penting yang mempengaruhi pembuatan aquascape yang bisa kami informasikan. Semoga bermanfaat.

About

View all posts by

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *