Ibu Hamil Wajib Tahu Kiat-Kita Menunjang Perkembangan Otak Janin

Saat hamil, mulai dari nutrisi, istirahat, pola makan, hingga vitamin yang dikonsumsi ibu hamil harus benar-benar dijaga. Sebab apapun aktivitas yang dilakukan ibu akan berpengaruh terhadap perkembangan janin.  Dokter mengatakan DHA dan perkembangan otak janin adalah fokus utama mulai dari trimester pertama sampai genap sembilan bulan.

Disamping itu, banyak memerlukan asupan omega-3, asam lemak sebagai stimulasi EPA (Eicosapentaenoic acid) yang baik untuk perkembangan janin. Berikut ini kiat menunjang perkembangan janin wajib diketahui para ibu.

Perkembangan Otak Janin

Sangat disarankan untuk mengkonsumsi vitamin dengan kandungan DHA. Terutama selama masa kehamilan hingga menyusui. Studi menyebutkan bahwa DHA dapat menstimulasi otak janin agar mememiliki IQ yang cerdas. Calon bayi anda juga akan memiliki sistem motorik lebih kuat. Asupan DHA dipercaya membuat ketajaman visual ketika bayi memasuki usia 2 bulan.

Berdasarkan hasil penelitian 6 dari 10 bayi menunjukkan kemampuan motorik diusia 2,5 tahun dan kecerdasan diusia 5 tahun. Ternyata para ibu tersebut pada masa kehamilan telah menstabilkan kadar DHA dalam darah. Kandungan DHA juga dapat diperoleh dari air susu ibu dan makanan bayi alami.

DHA Pada Masa Kehamilan

Anda disarankan untuk banyak mengkonsumsi makanan dengan omega-3. Sebab sangat berpengaruh positif bagi kehamilan dan mencegah terjadinya persalinan prematur. Asupan EPA dan DHA juga dapat menurunkan risiko darah tinggi atau preeklamsia semasa kehamilan. Bayi anda akan memiliki berat badan yang sehat dan normal.

Ibu hamil harus memperhatikan pola makan dan nutrisi dengan seimbang. Jangan ragu untuk melakukan senam kehamilan karena dapat menurunkan depresi dan gangguan mood paca melahirkan.

Dosis DHA Ibu Hamil

Belum ada takaran resmi seberapa besar dosis DHA yang harus dicukupi selama masa kehamilan. Tetapi berdasarkan studi kedokteran ibu hamil dan menyusui memerlukan paling sedikit DHA 200 mg/hari. Dokter lebih merekomendasikan untuk mengkonsumsi DHA sebanyak 300 mg/hari.

DHA bersumber dari makanan yang sehat dan suplemen. Makanan terbaik bagi ibu hamil diantaranya ikan salmon, sarden, tuna, dan teri. Suplemen ibu hamil harus mencukupi kebutuhan EPA dan DHA yang dapat dibeli melalui apotik online. Pilihlah suplemen dari resep dokter dan hindari yang berbau amis.

About

View all posts by

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *