Gejala Pada Alergi Kulit dan Cara Menanganinya

Alergi kulit dapat berkembang dalam hitungan menit saja. Walau reaksi alergi ini ringan, namun alergi serius dapat saja terjadi secara tiba-tiba. Penyebab alergi pun bermacam-macam, untuk itu mencegah alergi kulit, kita harus tahu tentang pemicu dan cara menangani alergi tersebut.

Dalam ilmu kedokteran, alergi kulit ini disebut dermatitis kontak alergi. Jadi munculnya alergi ini bisa disebabkan oleh paparan terhadap alergen. Sebuah unsure asing yang keliru dianggap bahaya oleh sistem kekebalan tubuh, sehingga kalau terpapar dapat mengakibatkan timbul reaksi alergi.

Apabila ada seseorang yang memiliki kulit sensitif maka sangat mudah mengalami alergi kulit. Terutama pada anak-anak umumnya yang kulitnya lebih sensitif dibandingkan dengan orang dewasa. Sehingga tidak heran kalau kulit anak-anak rentan sekali mengalami masalah kulit mulai dari kulit kering, gatal-gatal dan kulit merah. Untuk mengatasi hal ini maka anda harus mengenali beberapa penyebab alergi kulit.Untuk mengatasi hal ini maka anda harus mengenali beberapa penyebab alergi kulit. Berikut ini ulasannya:

  1. Tidak cocok dengan sabun mandi

Kita ketahui bersama kalau sabun mengandung pewangi sintetis. Jadi zat kimia ini dapat menyebabkan reaksi pada kulit anak-anak berupa kemerahan dan gatal-gatal. Jadi langkah baiknya silahkan memilih sabun yang tidak mengandung pewangi. Sehingga aroma sabun tidak terlalu tajam dan baik untuk kesehatan kulit.

  1. Tidak cocok dengan sampo

Mungkin anda sering melihat anak-anak menggaruk kulit kepalanya setelah dia mandi. Bisa jadi anda menggunakan sampo yang salah. Untuk itu pilihlah sampo yang memang khusus untuk rambut anak-anak. Kaerna tidak mengandung pewangi dan pewarna sehingga samponya aman untuk kulit anak-anak.

  1. Makanan

Ketika sudah menginjak usia tertentu pastinya anda mulai mengenalkan makanan baru kepada anak. Pada tahap ini alergi kulit sering muncul pada anak. Bahan makanan yang umumnya menyebabkan alergi adalah susu, ikan laut dan kacang-kacangan. Jadi ketika terjadi alergi pada anak maka silahkan ingat-ingat sebelumnya sudah makan apa. Sebaiknya anda menghindari makanan tersebut agar si anak tidak lagi alergi.

  1. Eksim

Eksim merupakan kondisi dimana kulit anak meradang karena ada bakteri yang berkembang biak. Biasanya terdapat sebuah benjolan kecil yang ada di permukaan kulit dan berisi cairan. Jadi kalau cairan ini pecah maka akan menimbulkan rasa yang gatal. Untuk itu silahkan menjaga kulit agar tetap bersih.

  1. Jamur

Selain adanya bakteri juga ada jamur yang bisa memicu munculnya rasa gatal. Jamur ini biasanya akan berkembang di area yang lembab seperti didaerah pantat. Sehingga anda harus selalu menjaga kebersihan agar tidak ada jamur yang berkembang.

Tentunya perawatan pada kulit anak-anak berbeda dengan perawatan untuk orang dewasa. Ketika anda salah sedikit saja, mampu mengakibatkan alergi. Jadi pastikan anda selalu menjaga kebersihan dan menggunakan produk yang aman. Selain itu ada beberapa cara untuk menangani alergi kulit :

  1. Menggunakan losion yang berfungsi untuk mengurangi gatal
  2. Menggunakan pakaian yang longgar dan lembut
  3. Mandi menggunakan air dingin, jadi jangan sampai anda mandi menggunakan air panas agar tidak memperparah gejala alergi kulit
  4. Tes alergi kulit biasanya akan dilakukan ketika penderita memiliki kondisi medis khusus seperti terdapat eksim. Kondisi lainnya yang harus tes alergi kulit, apabila kulit anak merasa gatal-gatal dan bengkak serta mengalami dermatitis atau biduran. Tes alergi ini dapat dilakukan juga kalau ada anak yang memiliki riwayat alergi terhadap beberapa makanan, obat-obatan dan serbuk sari.

Demikianlah penjelasan beberapa Penyebab alergi kulit pada anak. Silahkan menghindari menggaruk kulit karena dapat menyebabkan infeksi kulit. Semoga penjelasan ini bermanfaat dan menambah wawasan anda untuk mengatasi alergi kulit.

About

View all posts by

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *