Daftar Biaya KPA yang Penting Diketahui Saat Beli Apartemen di Serpong

Apabila Anda memiliki rencana untuk membeli apartemen di Serpong, atau di daerah lainnya, itu berarti Anda harus banget mengetahui biaya KPA yang nantinya harus Anda bayarkan. Namun sebelumnya penting sekali untuk diketahui bahwa, untuk membeli apartemen di daerah Serpong ini pada dasarnya bukanlah perkara yang sulit lagi. Sebab, kini sudah banyak sekali pengembang yang menawarkan apartemen dengan harga yang cukup variatif. Namun jika Anda menginginkan apartemen dengan harga terjangkau, maka pilihannya adalah www.urbantown.id.

Beralokasikan di area segitiga emas Tangerang Selatan, tepatnya ada di jalan Sarua dan dekat sekali dengan BSD & Serpong sebagai Commercial and Lifestyle Area. Tentu saja memiliki hunian tinggal di tempat ini selain nyaman, apartemen yang Anda beli tersebut juga bisa dijadikan sebagai nilai investasi yang menguntungkan.

Daftar Biaya KPA yang Penting Diketahui Saat Beli Apartemen di Serpong

Biaya pembelian

Ini adalah biaya yang biasanya sudah dicantumkan di dalam brosur apartemen. Biasanya pihak pengembang atau developer akan cantumkan nilai jual dan syarat uang muka atau DP. Setidaknya Anda harus siapkan uang muka untuk beli apartemen di Serpong dan sisanya lagi bisa digunakan untuk pengajuan KPA.

Biaya provisi

Jika Anda memang menggunakan fasilitas KPA atau Kredit Kepemilikan Apartemen, itu artinya Anda nanti juga akan dikenakan biaya provisi. Tentu saja besar kecilnya biaya tersebut sangat bervariasi, sesuai dari penawaran pihak bank.

Pajak pertambahan nilai

Apabila Anda memang akan membeli apartemen dengan menggunakan KPA atau pun tidak, Anda harus bayar PPN atau Pajak Pertambahan Nilai, setidaknya sebesar 10 persen.

Biaya BPHTB

Biaya selanjutnya yang perlu Anda bayarkan adalah biaya untuk BPHTB atau Bea Perolahan Harga Tanah & Bangunan. Besar harga BPHTB yang harus Anda bayarkan sekitar 5 persen dari harga apartemen tersebut, kemudian dikurangi dari NJOPTKP. Penting sekali untuk Anda tahu bahwa besarnya biaya untuk NJOPTKP ini tentu saja berbeda – beda di setiap daerah.

Biaya PPnBM

Ingat, sebuah apartemen juga termasuk ke dalam kategori barang mewah yang nantinya akan dikenai biaya PPnBM atau Pajak Pertambahan Nilai Barang Mewah. Besar tarif biaya untuk PPnBM ini adalah 20 persen dari harga apartemen yang Anda beli.

Biaya AJB, pertelaan, dan BBN

Lalu untuk biaya selanjutnya yang tentu saja wajib Anda bayarkan adalah biaya untuk AJB atau Akta Jual Beli, Pertelaan, dan juga BBN atau Bea Balik Nama. Biasanya ketiga biaya tersebut akan dihitung dalam satu paket dengan besaran sekitar 1 persen dari harga apartemen yang dibeli.

Biaya PBB

Pastinya ada banyak sekali biaya KPA yang harus dibayarkan, salah satunya adalah biaya PBB atau Pajak Bumi & Bangunan. Biaya PBB ini nanti akan dibayar di setiap tahunnya, tepatnya di bulan Maret lewat SPPT atau Surat Pemberitahuan Pajak Terhutang. Biaya untuk PBB tersebut wajib dibayarkan paling lambat 6 bulan sejak SPPT diterbitkan.

Biaya perawatan

Setelah Anda sudah selesai melakukan pembelian sebuah apartemen, tentu saja Anda tidak akan membiarkan apartemen tersebut tidak terawat dengan baik. Biasanya pihak developer atau pengembang sudah menyediakan perawatan khusus untuk para penghuninya. Makanya Anda juga perlu bayar biaya servis dan perawatan apartemen. Biaya ini mencakup biaya perawatan gedung, kebersihan, keamanan, pemeliharaan gedung, dan berbagai macam fasilitasnya. Biaya tersebut umumnya diatur pihak pengembang apartemen.

Demikianlah daftar biaya KPA yang penting diketahui saat beli apartemen di Serpong. Semoga bermanfaat.

About

View all posts by

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *