4 MANFAAT DAUN SIRSAK UNTUK KESEHATAN

Sirsak merupakan buah berdaging putih yang berasal dari Amerika Tengah ini juga populer di Indonesia. Orang menyebutnya dengan nama yang berbeda-beda, ada orang yang menyebut buah kaya manfaat ini dengan nama srikaya hingga nangka sebrang. Selain dimakan langsung, sirsak dapat diolah menjadi jus hingga es krim. Ternyata bukan hanya buahnya saja yang memiliki manfaat, daun sirsak pun bermanfaat untuk kesehatan. Buah yang berasal dari Karibia, Amerika Tengah dan Amerika Selatan ini kaya akan zat gizi yaitu mengandung karbohidrat (terutama fruktosa), vitamin C, B1, dan B2.

  1. Mengobati Kanker

Daun sirsak dapat bermanfaat menghambat sel kanker (prostat, paru-paru dan payudara). Kandungan acetogenin yang terdapat pada daun sirsak merupakan zat antikanker yang sangat kuat. Acetogenin merupakan kumpulan senyawa aktif yang memiliki aktivitas sitotoksik di dalam tubuh yang bekerja dengan cara menghambat pertumbuhan sel kanker. Cara kerja daun sirsak hampir sama dengan obat kemoterapi yakni mampu menghambat aktivitas pembelahan DNA pada sel kanker sehingga sulit untuk tumbuh dan berkembang.

Cara mengonsumsinya yaitu dengan cara rebus 10 lembar daun sirsak, lalu saring dan dinginkan. Minum ramuan ini setiap pagi selama 3-4 minggu. Sampai saat ini, daun sirsak disebut salah satu pengobatan kanker yang cukup ampuh.

 

  1. Pengobatan Bisul

Ulkus atau bisul merupakan kelainan kulit yang ditandai dengan rasa sakit dan memiliki risiko terkena infeksi. Bisul dapat terjadi pada tubuh atau bahkan wajah, sehingga mengganggu kesehatan dan kecantikan kulit. Daun sirsak bermanfaat sebagai obat alami untuk menyembuhkan bisul. Cara memperoleh manfaatnya yaitu dengan cara petik beberapa lembar daun sirsak muda, hancurkan lalu oleskan pada tubuh bisul.

 

  1. Mengobati Sariawan

Daun sirsak juga dapat untuk mengobati sariawan. Cara memperoleh manfaatnya yaitu dengan cara mengonsumsi rebusan daun sirsak yang akan dapat mengurangi sariawan. tumbuk daun sirsak kemudian rebus dan minum air rebusannya. Sariawan akan mengecil dan sembuh secara sempurna.

 

  1. Mengobati Darah Tinggi

Tekanan darah tinggi yaitu kondisi cairan darah dalam tubuh yang menekan dinding arteri dengan kuat sehingga berdampak buruk pada kesehatan salah satunya penyakit jantung. Dengan khasiat daun sirsak mampu melancarkan peredaran darah. Zat antioksidan yang terdapat dalam pada daun sirsak mampu melenturkan pembuluh darah sehingga dapat berjalan lancar.

 

 

About

View all posts by

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *